Wednesday, January 7, 2015

Relatif.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Relatif adalah:

re·la·tif /rélatif/ a tidak mutlak; nisbi: produksi dl negeri dijual dng harga -- murah

Sedangkan menurut Wikipedia, Relatif adalah:

Relatif atau nisbi berasal dari kata berbahasa Latin yaitu relativus yang artinya berhubungan dengan dan dalam bahasa Inggris sering disebut relative.[1] Sesuatu disebut relatif, sejauh ia dihubungkan dengan sesuatu yang lainnya atau sepanjang ia menjadi pembawa relasi atau hubungan. Jika dilihat secara konseptual, relatif merupakan apa yang tidak dapat didefinisikan tanpa acuan pada sesuatu hal lainnya. Jika dipahamai dari sudut eksistensi, relatif adalah 1)apa yang memiliki eksistensi hanya dengan acuan pada sesuatu lainnya semisal aksiden dan 2)sesuatu yang ada, yang eksistensialnya merupakan basis atau dasar relasi nyata dengan yang lain atau segala eksitensi yang terbatas. Jika dilihat dari kesahihannya, relatif adalah apa yang berguna secara bersyarat. Namun seringkali relatif mempunyai arti yang sama dengan subyektif dan berkaitan dengan sebuah subyek. Dalam pandangan ini, syarat diabaikan dan yang korelatif ialah apa yang berada dalam suatu hubungan timbal balik dengan sesuatu lainnya

Singkat cerita, sesuatu dikatakan relatif jika terdapat eksistensi atau subyektifitas antara dua atau lebih subjek dan atau objek dengan nilai yang terukur dan mengakibatkan hubungan timbal balik.

Relatif akan menjadi jawaban saya mulai dari tahun 2015 ini hingga tahun-tahun kedepan jika dihadapkan dengan pertanyaan yang membutuhkan penilaian atas suatu objek dan atau subjek bila dan hanya jika disertakan data dan atau informasi yang cukup untuk membuat suatu penilaian atas objek dan atau subjek tersebut.

Susah ternyata berbicara dengan tata bahasa Indonesia yang baku, baik, dan benar. Hehehe.

Akan menggunakan jawaban relatif karena sebenarnya saya lelah jika ada yang bertanya tentang nilai atas sesuatu dan tak sesuai ekspektasinya, dan juga lelah bila harus berhadapan dengan perbedaan nilai jika harus dikemukakan secara umum.

Tidak apalah, nilai di dunia memang relatif. Nilai akhirat yang baku.

"Gimana wid menurutmu tentang 'x'?"

"Well.. Itu relatif yaa.. Hehehe"


No comments: