Thursday, November 17, 2011

Workshop Kehumasan dan Workshop MC Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tahun 2011 Untuk Membentuk Citra Positif di Mata Masyarakat.


Humas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berupaya untuk membentuk citra positif di mata masyarakat dengan melaksanakan pelatihan kehumasan dan MC pada tahun ini.

Meningkatkan Kemampuan Kehumasan Garda Depan DJBC
Ditjen Bea dan Cukai adalah salah satu instansi pemerintah yang mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Sebagai garda depan instansi, humas pun harus mampu menciptakan citra positif Bea Cukai, baik lewat pemberitaan media maupun bertatap muka langsung dengan stakeholder dan masyarakat umum, Oleh karena itu, Subdit Humas dan Penyuluhan Direktorat PPKC bekerjasama dengan Bagian Pengembangan Pegawai Sekretariat Direktorat Jenderal melaksanakan Workshop Kehumasan pada tanggal 19 – 21 Juli 2011.



Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri Cikarang ini diikuti oleh 34 peserta, yang terdiri dari Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) Kantor Pelayanan Utama dan KPPBC Tipe Madya serta beberapa pejabat dan pelaksana dari Direktorat PPKC dan Sekretariat Direktorat Jenderal. Materi dibawakan oleh para pakar kehumasan dari Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA).


Para peserta mendapatkan materi tentang media relasi, manajemen krisis, dan pencitraan di hari pertama. Hari selanjutnya,  LPJA memberikan materi tentang dasar jurnalistik, menulis berita, dan membuat siaran pers. Di hari terakhir, peserta didaulat untuk merancang jumpa pers sekaligus membuat simulasinya.
Selain itu, Kasubdit Humas dan Penyuluhan KPDJBC Martediansyah juga memberikan waktu khusus bagi peserta untuk bertukar pendapat sekaligus berdiskusi tentang kehumasan di Bea Cukai di hari kedua workshop. Semoga dengan adanya acara ini, Bea Cukai menjadi instansi yang bercitra positif di mata masyarakat dengan kegiatan kehumasan yang tepat.


Workshop Master of Ceremony Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Banyaknya acara intern maupun ekstern di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tentunya membutuhkan seorang Master of Ceremony (MC) yang dapat membangkitkan suasana positif bagi audiens. MC yang handal masih sangat jarang di kalangan pegawai DJBC. Terkadang karena keterbatasan sumber daya manusia, maka petugas yang ditunjuk sebagai pemandu acara adalah pegawai yang bersedia namun belum memiliki pengalaman yang cukup.


Pelatihan MC ini bekerjasama dengan penyedia jasa dari BekALL Solution dan dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Bea dan Cukai. Trainer – trainer handal dari BekALL Solution membuat para peserta menjadi seseorang yang lebih percaya diri tampil berbicara di depan umum. Para peserta mendapatkan materi tentang mengatasi rasa takut, kekuatan kata-kata, rahasia bahasa tubuh, kekuatan suara, dan kekuatan berbicara.


Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 dan diakhiri pada pukul 17.00 ini berlangsung interaktif. Peserta dibagi menjadi 4 kelas, masing-masing kelas diisi oleh 20 orang. Secara bergantian, materi dibawakan oleh para trainer sehingga para peserta bisa lebih menggali kemampuannya untuk bisa berbicara di depan publik dengan lancar dan tertata. Masih terlalu dini bila disimpulkan bahwa tujuan workshop dapat tercapai, namun pada acara evaluasi di hari kedua, ternyata telah bermunculan figur-figur MC baru yang lebih percaya diri dari sebelumnya.



nb: totally late posting

No comments: