Tuesday, November 15, 2011

Orang Utan, Nasibmu Kini..


apa daya tinggal tulang :(

Kenapa komodo? Kenapa komodo yang disorot sama pemerintah? Kenapa cuma Indonesia bagian selatan aja yang dapat perhatian penuh dari pemerintah. Daerah tengah sama timur mungkin masih menjadi bagian NKRI karena SDA-nya aja gw rasa. 

Papua dengan hasil tambang mineralnya yang begitu emaizing sampai sekarang rakyatnya masih banyak yang menggunakan koteka. Yang menyedihkan rakyat Papua dianggap masih belum mampu mengelola bumi Papua mereka. Gw yakin pemerintah ga tau asal muasal nama Papua. Papua sendiri berasal dari penamaan Tidore terhadap pulau ini, Papa-Ua yang berarti tidak ada raja (yang memerintah). Tidak ada yang memerintah! Lantas kenapa pemerintah sampai sekarang masih belum bisa mempercayakan bumi Papua kepada rakyat Papua.

Liat aja kalo ga ada Kalimantan, Jawa sama Bali mau menikmati listrik darimana? Pada mau dugem gimana? Sedangkan penduduk asli Kalimantannya malah minim infrastuktur, dan bahkan Kalimantan yang penghasil sumber energi dalam hal ini batu bara, minyak bumi, dan gas alam malah tidak bisa merasakan nikmatnya terang benderang penerangan di rumah, apalagi di jalanan. Sesak!


Sekarang pemerintah malah heboh sama binatang yang konon katanya binatang endemik dari Indonesia. Iya komodo itu. Yang sekarang jadi maskot Sea Games itu loh. Yang kalo menurut gw sendiri lebih mirip cicak ketimbang komodo. Apaan?! liat deh si modi (sebutan untuk komodo ceweknya), itu mah lebih mirip sama cicak. Total mirip cicak! Kenapa namanya ga "Cica" sama "Cici" aja. Kayanya lebih klop deh. Modo Modi? Miss Matched kalee.. :ngakaks

Orang utan atau panggilan gaulnya si otan ini coba telaah lebih jauh deh. Hanya karena dia berbulu dan herbivora terutama makan pisang, dia jadi disetarakan sama hewan primata yang lain. Well oke, gw akuin emang ga jauh2 beda, tapi bukan itu yang mau kita bahas. Yang mau dibahas adalah kenapa sudah di dalam hal SDA hanya dimanfaatkan, sekarang malah fauna-nya diabaikan. Mana itu woy tentara2 yang di gaji buta karena ga ada perang? Bisakan diberdayakan untuk menjaga fauna nusantara. Yaa oke, gw tau agak melenceng, tapi seenggak2nya daripada ga ada kerjaan gitu. Sekarang otan banyak diburu untuk kebermanfaatannya dan bahkan tuh foto diatas tuh, tulangnya pun di jual belikan! Mannn.. Udah wafat pun masih aja diperjualbelikan.. :berdukas
Ndaa tau sudahhh....

Untuk papua tunggu aja deh giliran kalian. Ntar burung Cendrawasih sama Whale Shark yang ada di papua juga lama2 bakal punah.


No comments: