Monday, April 4, 2011

Marketing of Telecommunication Service #HITECH UNDER COVER!

Hari ini, Senin 4 April 2011 hari pertama gue midterm. Dan baru saja hari pertama gue udah melakukan hal bodoh. Singkatnya hari ini gue ujian Pemasaran Jasa Telekomunikasi, yang berisi 6 soal. Oke, dengan gagahnya nomor 1-4 gue lahap secara tidak berkepri-soalan. Mungkin kalau bisa ngomong soalnya bakal bilang,
“sial lo wid, belum aja gue tertawa puas ngeliat lo desperate.”
Haha, tapi bener aja. Akhirnya si soal membalas dendam di nomor ke 5.

Nih soalnya :
Soal No.5 :
Dalam merancang strategi teknologi, perusahaan telekomunikasi harus mempertimbangkan karakteristik konsumen dalam mengadopsi produk/teknologi baru. Jelaskan lima jenis konsumen dari yang paling cepat hingga paling lambat menerima teknologi baru, serta uraikan pendekatan seperti apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam meraih konsumen tersebut. (15%)
Mestinya yee, jawabannya itu kaya gini nih:

Categories & Pattern of Product Adopters

Tapi dengan gagahnya gue jawab laen daripada yang laen dengan cara yang berbeza #bukanpembelaan. Haha, silahkan di cek potonya:


Ga keliatan yaa? Jelas lah.. ini juga motonya buru-buru karena yang ngawas *MATA DEWA* euy.. Sebenernya ga mata dewa juga sih, tapi si teteh yang jaga ini sok asik banget pake acara sok-sokan nyatet gitu yang aslinya cuma bikin titik-titik gitu. Oke, gue tulis lagi deh jawbannya. Cekidot:

Jawaban:
nb: sumpah pak u/ soal yang satu ini saya lebih menggunakan imajinasi saya yang agak kurang! =P
  •  First Buyer : konsumen tipe ini adalah yang paling konsumtif di kelasnya. Konsumen yang satu ini sangat termakan zaman. Dia selalu membeli no matter it will fit them or not!
  • Talktive Buyer (pembeli latah) : konsumen tipe ini sangat mudah terpengaruhi oleh first buyer. Tapi terkadang konsumen ini mempunyai kendala di finance hingga tak mampu membeli produk tersebut.
  •  Advantage Buyer : konsumen tipe ini hanya akan melihat produk apabila produk tersebut memberikan keuntungan lebih dalam penggunaannya.
  •  Analysis Buyer : konsumen tipe ini akan melakukan analisis atau survei terhadap produk tertentu sebelum melakukan  purchasing. Konsumen tipe ini yang sangat selektif.
  •  Loyal Buyer : ini adalah tipe konsumen yang susah u/ pindah ke lain produk, karena sudah merasa nyaman dengan produk yang digunakan.

Silahkan bagi yang mau ketawa atas jawaban gue yang terlalu imajinatif ini. Tapi entah kenapa gue malah bangga dengan ketololan gue yang menjamur sampe tulang dan mendarah daging begini. Tapi bagi yang belum cukup umur silahkan jangan diikuti ketololan saya. Dapat menimbulkan gangguan pada janin, serangan jantung, kanker, dan impotensi.



No comments: