Wednesday, April 6, 2011

Bank BJB Hadir di Kota Balikpapan


KORANKALTIM.CO.ID - RABU, 06 APRIL 2011
BALIKPAPAN-Dalam rangka mencapai visinya untuk menjadi 10 bank terbesar  dan berkinerja baik di Indonesia, Bank Jawa Barat (BJB) membuka Kantor Cabang di Kota Balikpapan dan resmi dibuka oleh Walikota Balikpapan, Imdaad Hamid didampingi oleh Kepala Kantor Bank Indonesia (KBI) cabang Balikpapan, Tutuk SH Cahyono.


Dalam sambutannya, Walikota Balikpapan, Imdaad Hamid me-ngungkapkan perekonomian khusus-nya di bidang perbankan di Balikpa-pan saat ini terus berkembang secara positif. “Dalam 10 tahun atau satu decade Balikpapan mencatat pertumbuhan ekonomi rata-rata 10 persen setiap tahunnya, dan saat ini sektor migas mulai mengalami penurunan, namun di pihak lain sektor non migas yang nantinya diharapkan berperan dalam perkembangan perekonomian di Balikpapan, terutama jasa layanan yaitu perbankan,” sahut Imdaad  Hamid, Selasa (5/4). 

Imdaad juga menegaskan, kon-sentrasi perbankan di bidang industri menengah dan kecil saat ini juga se-dang dalam proses pendataan. “Nantinya diharapkan Bank BJB juga dapat membantu UMKM dalam per-modalan, kami telah menyiapkan data UMKM yang relevan untuk dikaji dan rencananya akan di eks-pose dengan system on line,” ujar-nya dalam kesempatan tersebut. 

Untuk itu, Imdaad berharap, dengan hadirnya Bank BJB di kota Balikpapan dapat mendukung perekonomian rakyat menengah kebawah. “Dana APBD di salurkan lebih terfokus pada pembangunan infrastruktur, sementara ekonomi saat ini juga perlu perhatian khususnya para pelaku usaha di sektor UMKM,” tambah Imdaad. 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Operasi Bank BJB, Dadang Agus Suryanto berjanji akan membantu Gerakan Perekonomian Daerah Balikpapan. Danang mengatakan kantor cabang BJB di Balikpapan merupakan cabang ke-3 yang dibuka setelah Denpasar dan Makassar atau wilayah di luar Jawa dalam kegiatan ekspansi sepanjang tahun 2011. 

“Hingga saat ini Bank BJB memiliki jaringan yang tersebar di Jawa Barat, Banten, Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Medan, Batam Sulawesi Selatan dan Bali. Para tahun 2011. telah dibukan sebanyak 3 kantor cabang. 38 kantor cabang pembantu, 3 kantor kas, 5 payment point, 6 unit layanan Kas Mobil, dan 11 ATM. Kan-tor cabang Balikpapan sendiri meru-pakan cabang ke-48. Sementara itu, ekspansi ini akan terus dilakukan yang diharapkan dapat lebih mudah memberikan layanan kepada nasabah,” papar Dadang dalam kesempatan tersebut. 

Pihaknya menjelaskan, perkem-bangan usaha Bank BJB per tahun 2010 dalam hal peningkatan volume usaha pada tahun 2010 meningkat sebesar Rp11,035 triliun dengan hasil pencapaian tahun 2009 sebesar Rp32,410 trilun sementara tahun 2010 mencapai Rp43,445 triliun.

“Untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) dari giro, deposito. Dan tabungan juga mengalami peningkatan dari Rp23,718 triliun tahun  2009 lalu menjadi Rp31,953 triliun atau berkembang sebesar Rp8,235 triliun. Sedangkan kredit yang disalurkan juga meningkat sebesar Rp4,038 triliun pada tahun 2009 menjadi Rp23,669 triliun Saat ini laba sebelum pajak tahun 2010 lalu mencapai Rp1,219 trilun serta rasio-rasio keuangan Bank BJB termasuk dalam kategori sehat,” ujar Dadang menambahkan. (pie)

No comments: